Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mu’min, Mu’allim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis
Home » » PENETAPAN IDUL ADHA 1434 H

PENETAPAN IDUL ADHA 1434 H

Diterbitkan oleh: Ibnul Qoyyim Jogjakarta pada Senin, 14 Oktober 2013 | 16.08

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Berikut ini ulasan mengenai Hari penetapan hari lebaran idul adha 2013 yang di tinjau dari segi zona waktu (Bulan Baru) di mekah dan Indonesia.

Mekkah [Saudi Arabia]
Bulan baru terjadi tanggal 5 oktober 2013 jam 3:35 AM. pagi hari waktu Mekkah. Dan bulan akan terbenam pada pukul 18:20 waktu Mekkah. Dan Matahari terbenam hari itu yakni pada pukul 18:05 PM, serta ketinggian bulan hari itu sekitar 2.7° disaat matahari tenggelam. Makan secara astronomi cukup sulit untuk melihat bulan atau hilal pada saat ketinggian tersebut dan hanya memiliki waktu sekitar lima belas menit sebelum ditelan bumi.

Akan Tetapi karena Otoritas pada negara Saudi memiliki sejarah mengenai penentuan penangalan hijriyah, maka menurut kalkulasi saya Saudi akan menetapkan tanggal satu Zulhijah jatuh pada penangalan eman Oktober tahun 2013 dan wukuf di arafah pada hari Senin tanggal 14 Oktober 2013 (tinggal urut kacang saja menentukan 9 zulhijah).

Indonesia [Jakarta]
Bulan baru terjadi tanggal 5 oktober 2013 jam 7:35 AM, pagi Waktu Indonesia Bagian Barat. Dan bulan akan terbenam pukul 18:02 PM Waktu Indonesia Bagian Barat. Dan Matahari terbenam hari itu pukul 17:47 serta ketinggian bulan hari tersebut sekitar 2.9° ketika matahari tenggelam. Secara astronomi cukup sulit melihat bulan/hilal pada ketinggian tersebut dan cuma punya waktu sekitar 15 menit sebelum ditelan bumi.

Bagi Muhammadiyah dengan wujudul hilalnya, maka 1 Zulhijah pasti akan jatuh tanggal 6 Oktober 2013 (karena hilal sudah wujud sore lima oktober tersebut), puasa arafah 14 Oktober dan Idul Adha tanggal 15 Oktober 2013 sesuai tanggal merah.

Bagaimana dengan pemerintah? secara astronomi bulan masih rendah, pemerintah tetap menentukan 1 Zulhijah jatuh tanggal 6 Oktober. Jadi Pemerintah akan bersama-sama Muhammadiyah dan seluruh ormas melaksanakan puasa Arafah dan Idul Adha pada hari yang seragam. Ini semata-mata karena pertimbangan berikut ini :
  • Tanggal Kalender merah/Hari Libur Nasional adalah tanggal 15 Oktober
  • Arab Saudi juga Wukuf tanggal 14 Oktober
  • Sementara Imkanur Rukyat masih mentok di ketinggian 2°. Jadi sudah memenuhi imkanur rukyat, meskipun secara astronomi masih mustahil
Selamat merayakan hari idul Adha dan lebaran secara bersama-sama.
Bagikan artikel :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Saran, kritik dan pertanyaan bisa dikirim ke Ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com