Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mu’min, Mu’allim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis

SEJARAH

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


  1. Sejarah
Pondok Pesantren Putra-putri Ibnul Qoyyim yang didirikan pada tanggal 10 Dzulqo’dah 1403 bertepatan dengan 20 Agustus 1983 adalah merupakan salah satu dari amal usaha dari PDHI Yogyakarta yang perkembangannya sampai saat ini terus menunjukkan peningkatan, walaupun peningkatan tersebut masih perlu ditingkatkan, dan bila menatap kondisi kedepan keberadaan dari sebuah lembaga pendidikan yang berbasiskan agama, kemudian bila dua hal tersebut dipadukan maka Pondok Pesantren Putra-putri Ibnul Qoyyim untuk kedepannya adalah sebuah aset yang harus secara serius untuk diperhatikan. 
Madrasah Aliyah Ibnul Qoyyim merupakan madrasah yang berada di bawah naungan Yayasan  Persaudaraan Djamaah Haji Indonesia (PDHI) yang dipimpin oleh GBPH Joyo Kusumo (adik Sri Sultan Hamengku Buwono X). Madrasah yang bervisikan “Mencetak Generasi Mukmin, Muallim, Mujahid yang Mukhlis” ini, memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan.
Siswa putra dan putri di madrasah ini, dipisah menjadi dua sekolah dengan manajemen yang berbeda. Madrasah untuk siswa putra terletak di Jalan Jogja-Wonosari km 10,5 Tegalyoso, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, yang dipimpin oleh Bapak H. Rohadi Agus Salim, S.Pd.I.  Sementara madrasah untuk siswa putri terletak di Jalan Jogja-Wonosari km 8,5 Gandu, Sendangtirto, Berbah, Sleman, yang dipimpin oleh Bapak H. Aceng Musthofa, M.Pd.I.
Pondok Pesantren Putra-putri Ibnul Qoyyim mempunyai tujuan mendidik santri agar menjadi manusia muslim selaku kader-kader Ulama dan Mubaligh yang berjiwa; ikhlas, tabah, tangguh, mandiri dalam mengamalkan ajaran islam secara utuh dan dinamis, serta siap bertugas melayani dan mengasuh jama’ah.
Dan dalam strateginya bersifat memadukan model pesantren dengan sekolah, pendidikan agama dengan pendidikan umum, dengan menggunakan system klasikal serta menggunakan kurikulum yang mandiri yaitu hasil perpaduan yang seimbang antara kurikulum pemerintah dan kurikulum pondok.
Pondok Pesantren Putra-putri Ibnul Qoyyim didirikan dengan dua tujuan :
a. Sebagai usaha momumental dari PDHI DIY, yaitu lembaga Amal Jariyah yang InsyaAllah bakal langgeng.
b. Untuk menciptakan penerus dakwah.
Sebagai usaha untuk memantapkan tujuan tersebut di atas, berbagai hal telah dilakukan yaitu :
a. Pengadaan dan penyempurnaan Sarana dan Prasarana yang merupakan Hardware.
b. Pemantapan kurikulum baik Intra maupun Ekstra yang merupakan Software.
c. Penertiban dan penyempurnaan sistem Administrasi dan Organisasi Pondok Pesantren Putra-putri Ibnul Qoyyim.
d. Penggalangan dan Penggalian Sumber dana.
e. Pengembangan kegiatan baik guna pengembangan pendidikan maupun guna pengenalan Pondok Pesantren Putra-putri Ibnul Qoyyim pada masyarakat luas.
f. Peningkatan kerjasama dengan masyarakat luas.
g. Peningkatan kwantitas Santri.
h. Pemisahan lokasi kegiatan untuk santri Putra dan Putri.
Pondok Pesantren Putra-putri Ibnul Qoyyim mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, yaitu sebagai berikut :
a. Diniyah berdiri sejak tahun 1983, yakni untuk memberikan kesempatan pada masyarakat sekitar yang ingin belajar pengetahuan dini untuk yang ditingkat SD bekerjasama dengan PPMI Gandu.
b. Madrasah Tsanawiyah (MTs) berdiri tahun 1986, yakni untuk mendidik santri-santri sejak dini, sejak tahun 1992 mendapat status diakui.
c. Madrasah Aliyah (MA) berdiri sejak tahun 1989, yakni untuk memberikan kelanjutan pada santri Tsanawiyah di luar pondok, tahun 1992 mendapat status diakui.
d. Raudlatul Athfal beriri sejak tahun 1990, merupakan penyerahan dari PKK Pedukuhan Gandu dan Cepor yang dilakukan oleh Kelurahan Sendangtirto untuk didirikan Taman Kanak-kanak.
2. Letak Geografis
Pondok Pesantren Putra-putri Ibnul Qoyyim terbagi menjadi dua lokasi yaitu pondok putra yang terletak di Jl. Jogja-Wonosari Km. 10 Tegalyoso, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, dan untuk pondok putri terletak di Jl. Jogja - Wonosari Km. 9 Gandu, Sendangtirto, Berbah, Sleman.
Pondok Pesantren ini dapat dikatakan strategis, karena terletak di tepi jalan raya yang cukup ramai dilewati mobil dan bus dari berbagai jurusan. Selain keberadaannya yang cukup strategis, jika ditinjau dari segi pendidikan Pondok Pesantren Putra-putri Ibnul Qoyyim mempunyai letak yang cukup kondusif untuk belajar. Karena jauh dari keramaian kota dan terletak di tengah-tengah pedesaan yang memungkinkan santri untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar.
3. Struktur Organisasi
Untuk mempermudah kerja dan memperlancar proses belajar mengajar di pondok pesantren, maka Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta membuat struktur organisasi. Oleh karenanya untuk mengembangkan, menjamin dan mewujudkan mekanisme kerja yang bertanggung jawab perlu diadakan struktur keorganisasian kepengurusan dalam pondok pesantren.

4. Keadaan Santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta
Para santri yang menetap di pondok pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta berasal dari berbagai daerah dan ada juga yang berasal dari luar jawa. Jumlah santri dari tahun pertahun mengalami peningkatan, walaupun tidak terlalu banyak. Dengan masuk menjadi santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta, maka mereka berarti harus taat dan patuh kepada peraturan-peraturan yang ditetapkan di pesantren ini.
Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta sudah dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat, sebab dalam usia yang relatif singkat ternyata para siswanya telah berdatangan dari pulai Jawa, bahkan dari luar pulau Jawa walaupun dari wilayah yogyakarta sendiri prosentasenya masih relatif kecil, hal ini menunjukkan adanya hal-hal yang menarik.

Dan santri-santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta, seluruhnya harus/wajib tinggal di dalam asrama pondok pesantren dan wajib mengikuti segala kegiatan yang diadakan oleh pondok pesantren seperti; keorganisasian, kepramukaan, muhadloroh (latihan pidato tiga bahasa yaitu : Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris), public speaking, dan juga siswa dapat mengikuti kegiatan ekstra seperti : olahraga, seni baca al-Qur’an, komputer, menjahit, sablon, drum band, dan kursus-kursus lainnya yang membantu siswa-siswi hidup di masyarakat kelak.

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Pengikut

STATISTIK

 
Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Saran, kritik dan pertanyaan bisa dikirim ke Ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com