Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mu’min, Mu’allim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis
Home » » Ujian Lisan Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra

Ujian Lisan Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra

Diterbitkan oleh: Ibnul Qoyyim Jogjakarta pada Rabu, 04 Desember 2013 | 11.17

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
                Jika ditempat lain ujian akhir semester adalah berupa ujian tertulis saja, maka hal itu agak sedikit berbeda dengan Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Jogja. Sudah jadi agenda tahunan, jika ada satu jenis tes tambahan lagi sebelum tes tertulis, dialah ujian lisan. Atau biasa disebut Oral Examination dalam bahasa Inggris, dan Imtihan As-Syafahiy dalam bahasa Arab.
                Ujian lisan sebenarnya sama dengan ujian biasa, hanya saja dalam memebri soal dan menjawabnya dalam bentuk mirip wawancara. Pada tahun ini, ujian lisan berlangsung selama 3 hari, yaitu hari Ahad - selasa tanggal 1-3 Desember 2013. Para peserta adalah dari kelas I (1 MTs) sampai V (2 MA) KMI, sedangkan untuk kelas VI (3 MA) diminta untuk ikut serta menjadi penguji.             
                Ujian lisan terdiri atas 3 buah materi dasar, yaitu Ibadah, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Disana setiap santri akan diuji dengan berbagai pertanyaan sesuai jenis bidang ujian yang didapat. Para santri diharuskan mempersiapkan diri sesuai kisi-kisi yang telah diberikan pada setiap kelas. Dalam ujian bahasa Arab contohnya, pengetesan dilakukan dengan bermacam materi seperti Mufradat harian, mufradat dalam kelas, ta'bir, balaghoh, mafudlot, nahwu, shorof dan lain-lainnya. Begitu juga dengan bahasa Inggris dan Ibadah. Tak lupa, dalam ujian ini segala soal dan jawaban yang disampaikan adalah dalam bahasa Inggris juga Arab.
                Dalam ujian lisan, santri akan dihadapkan one by one dengan dua-tiga penguji dalam satu ruang. Oleh karena itu, selain diuji kefahaman akan materi juga kemampuan menjelaskan serta menyampaikan materi tersebut dengan lisan. Mental pun tak lupa turut serta dalam sukses tidaknya santri dalam menghadapinya.
                "Ujian lisan bertujuan untuk melihat sejauh mana santri bisa beramal dengan ilmu yang mereka miliki, apakah selama ini santri bisa mengimplementasikan ilmu yang sudah diterima menurut etape kelas masing-masing atau belum" ujar Ustadz H. Purwadi Pangestutyas selaku bagian Kesiswaan.

 Suasana Ketika ujian Lisan

















"Ujian adalah hal yang akan di alami setiap manusia, perihal yang patut di tanyakan adalah bagai mana kita menghadapi ujian tersebut."

Redaksi/Em
Bagikan artikel :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Pengikut

STATISTIK

 
Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Saran, kritik dan pertanyaan bisa dikirim ke Ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com