Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mu’min, Mu’allim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis
Home » » LP-3 Andalan 0-16

LP-3 Andalan 0-16

Diterbitkan oleh: Ibnul Qoyyim Jogjakarta pada Jumat, 07 Maret 2014 | 17.37



بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


16-18 Februari 2014,buper Bunder Gunung Kidul Yogyakarta,Pangkalan Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putra Gugus Depan 06035 Andalan 016,
Lomba Perkemahan Penggalang dan Penegak yang disebut sebagai LP-3 menjadi agenda tahunan pesantren khususnya dalam bidang kepramukaan.Sebuah program rancangan kakak-kakak pembina di tujukan sebagai acuan andikawan-andikawan sebagai wadah pengaplikasian dari apa-apa yang telah mereka pelajari selama latihan rutin mingguan berpramuka.Pada Lp-3 kali ini kakak-kakak pembina dari andalan 0-16 mengadakan agenda ini dengan segalah bentuk persiapan yang telah ada,lomba yang di mulai pada tanggal 16 februari 2014 ini bermula dengan kedatangan pasukan penggalang dan penegak ke Buper Bunder Gunung kidul dan memulai acara pramuka dengan Upacara lalu di lanjutkan dengan beberapa lomba yang berlangsung selama 3 hari.Adapun berbagai rincian lomba seperti : Bangun desa,PBB,Pioneering,Matong,balap karung,egrang,Senam,Panco lidi,Hasta Karya,OSM(olimpiade Semaphore dan Morse),Pentas seni,Memasak,Wide Game,Modeling,dan Karikatur.
dari sekian lomba yang memiliki poin-poin tersendiri dan memberikan kedudukan bagi setiap Regu ataupun Sangga dan menjadikan diantara mereka saling berebut poin untuk menduduki posisi pertama dalam kualifikasi perlombaan.
Di hari pertama perlombaan yang diisi dengan perlombaan bangun desa pada pagi hari,lalu dilanjutkan dengan perlombaan PBB pada siang hari dan di sore hari berlanjut dengan perlombaan Balap karung dan kualifikasi OSM(Olimpiade Semaprhore dan Morse),dan berakhir pada malam hari dengan perlombaan Panco lidi dan OSM.Pada hari ke dua pada pagi-pagi sekali para andikawan di siapkan dengan lomWide Game,dalam arti sebenarnya Wide Game bukanlah sembarang perlombaan,namun yaitu agenda yang di adakan dengan tujuan agar andikawan bisa saling berkerja sama dalam suatu kelompok dan mempersatukan ikatan persaudaraan mereka dengan berbagai rintanga yang telah di siapkan oleh kakak-kakak pembina sehingga agenda Wide Game ini memakan setengah hari penuh yang berawal dari pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 14.00.Bagi setiap kelompok pasti menyisakan satu anggota mereka untuk menjadi Curve atau penjaga tenda,dan para Curve inilah yang mengikuti perlombaan memasak dengan memasak masakan berbahan dasar ketan.dari berbagai masakan menunjukan kreativitas andikawan dalam memasak masakan berbahan dasar ketan dan membuat kakak-kakak juri menjadi penasaran dan bingung untuk mencicipi dan memilih di manakah hidangan yang terlezat dari masakan para curve.Setelah para andikawan kembali ke tenda dan menikmati hidangan-hidangan dari masing-masing curve dan melepas keletihan sampai akhirnya pada sore hari di mulai lagii perlombaan Egrang dan Karikatur .
Setelah selesai dari berbagai perlombaan,tiba pada malam hari yaitu malam wira  bakti yaitu di mana malam dengan perayaan api unggun dan penampilan pentas seni dari setiap Penggalang dan Penegak.dari berbagai kreativitas yang di tampilkan cukup menghibur kakak-kakak pembina dan tamu undangan meskipun acara di selimuti dengan hujan yang cukup deras namun acara pentas seni tetap berlanjut dan acara berakhir pada pukul 23.00 malam sebelum melanjutkan ke acara khusu yaitu Jurit Malam.Jurit Malam,adalah agenda yang memang di tujukan untuk menguji kekuatan mental andikawan untuk berani menghadapi segala bentuk ketakutan yang ada pada diri mereka,acara yang di mulai pukul 23.45,sampai pukul 04.30 dini hari mencoba untuk melatih mental setiap andikawan,dengan di bagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 2 anggota regu dan 1 anggota sangga dengan tujuan agar mereka bisa saling melindungi satu sama lain karena memang daerah yang ekstrim dan bagi setiap mahluk ghaib yang ada di setiap daerah tersebut memang di kenal banyak dengan Mitos-mitos ke ghaibannya,meskipun seperti itu layaknya seorang Muslim yang tidak ada rasa takut kecualai kepada sang maha penciptanya dan motivasi dari setiap kakak pembina dan mencoba ukntuk menguji adrenalin dari setiap andikawan.Setelah mengarungi agenda Jurit malam,pada tepatnya di hari akhir Lp-3 pada paginya di adakan lomba Senam untuk bersama-sama menghilangkan rasa jenuh andikawan dan kakak pembina dengan menyaksikan gerakan-gerakan unik dari setiap andikawan regu dan sangga lalu di lanjutkan dengan lomba Matong dan Perang Bintang,dan pada akhir dari perlombaan yaitu lomba Modeling.
Agenda Lp-3 tahun ini berakhir pada sore hari dengan di adakan Upacara penutupan dan pembagian hadiah kepada para pemenang dan Foto bersama mengakhiri agenda Lp-3 pada tahun ini.
"acaranya sungguh luar biasa,dengan harapan dapat memotivasi andikawan pramuka untuk lebih bersemangat lagi dalam ber pramuka" ungkapan kak Zaim selaku kak Koordinator pramuka andalan 0-16 yang di wawancarai selesai dari agenda Lp-3.Redaksi/Aedz


































































Bagikan artikel :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

STATISTIK

Pengikut

 
Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Saran, kritik dan pertanyaan bisa dikirim ke Ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com