Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mumin, Muallim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis
Home » , » Pembuatan Biopori

Pembuatan Biopori

Diterbitkan oleh: Ibnul Qoyyim Jogjakarta pada Minggu, 19 April 2015 | 12.35

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

(Bantul)16 April 2015 Sapras (sarana dan prasarana) Ponpes Ibnul Qoyyim Putra telah mengadakan resapan air untuk mencegah banjir  di kompleks Ibnul Qoyyim Putra.

Santri Kelas 4 KMI  Sedang Membuat Biopori

Kegiatan ini di ikuti oleh santri kelas 4 KMI Ibnul Qoyyim Putra dan Alhamdulillah kegiatan ini telah berjalan dengan lancar. Harapannya dengan kegiatan pembuatan resapan air dapat meminimalisir terjadinya banjir di kompleks Ponpes Ibnul Qoyyim Putra.

Santri Kelas 4 KMI  Sedang Membuat Biopori

Santri Kelas 4 KMI  Sedang Membuat Biopori



Kegiatan ini berlangsung dengan lancar,  para santri sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut begitu juga dengan para pengurus yang juga ikut andil dalam acara pembuatan resapan air.

Santri Kelas 4 KMI  Sedang Membuat Biopori


Kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir adanya banjir di daerah kompleks Ponpes Ibnul Qoyyim Putra terutama pada daerah Lapangan Ponpes Ibnul Qoyyim Putra.

Santri Kelas 4 KMI  Sedang Membuat Biopori


Selain guna untuk meminimalisir volume air dan terjadinya banjir juga bisa untuk pembuatan pupuk kompos. Caranya adalah sampah organik seperti daun ditimbun kedalam lubang resapan air yang telah dibuat lalu tutup lubang tersebut. Tunggu selama kurang lebih 3 bulan, lalu buka kembali lubang resapan air (Biopori) lalu kita bisa "memanen" pupuk kompos yang telah kita buat.

Red/ Jemari_IQ

Bagikan artikel :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Kritik dan Saran Kami Persilahkan kirim ke ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com