Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mu’min, Mu’allim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis
Home » » BARATA XXX (PENGEMBARAAN AKHIR TAHUN)

BARATA XXX (PENGEMBARAAN AKHIR TAHUN)

Diterbitkan oleh: Ibnul Qoyyim Jogjakarta pada Jumat, 05 Februari 2016 | 23.17

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



     Sleman- Koordinator Pangkalan Ibnul Qoyyim mempersiapkan beberapa sangga untuk mengikuti pengembaraan di Kabupaten Sleman. Pengembaraan yang diselenggarakan oleh Dewan Kerja Cabang Sleman ini merupakan salah satu lomba di akhir tahun untuk para penegak dan pandega. Tak sedikit peminat yang mengikuti agenda ini, begitupun dari Pangkalan Ibnul Qoyyim. Karena banyaknya peiat, Koordinator Andalan 18 pun harus menyeleksi beberapa anak yang akan dikirim menjadi utusan dari pangkalan Ibnul Qoyyim. Setelah melalui proses penyeleksian tulis dan wawancara, 30 peserta putrid yang mendaftar direkrut menjadi 16 peserta dan dibagi menjadi 2 sangga, begitupun dengan yang putra. Selama kurang dari satu bulan pangkalan Ibnul Qoyyim mematangkan persiapan dalam perlombaan tersebut, tidak hanya lomba ketika kegiatan tetapi juga Competation Before Event yakni membuat film documenter latihan dan makalah tentang tentara pelajar. Film yang didominasi dengan music mendapatkan perhatian lebih, khususnya bagi para siswa/siswi Ibnul Qoyyim sendiri.

Perjalanan saat menuju etape III

Laporan setelah melaksanakan etape

       Pada tanggal 28 Desember 2015, Pangkalan Ibnul Qoyyim memberangkatkan 3 mobil untuk mengantar para peserta menuju Lapangan Pemda Sleman sebagai pembukaan acara BARATA.kegiatan yang berjalan selama 5 hari 4 malam ini disatu padukan dengan beberapa macam lomba yang menambah keseriusan peserta untuk memperebutkan kejuaraan. BARATA XXX melalui 4 etape perjalanan, yaitu :
·         Etape I            : 17 km – Lapangan Pemda-Seyegan
·         Etape II           : 23 km – Seyegan-Pakem
·         Etape III         : 15 km – Pakem-Depok
·         Etape IV         : 8 km   – Depok-Denggung
Tak berhenti sampai disini, Pangkalan Ibnul Qoyyim terus menggemparkan kegiatan BARATA XXX dengan yel-yel yang menjadi khas dari Ibnul Qoyyim. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, titik finish selalu ada di Lapangan Denggung, Sleman. Disana para peserta diuji dengan keberanian dalam menampilkan pentas seni dari setiap pangkalan. Acara pentas seni dilanjutkan dengan Malam Wirapati hingga dihitung mundurnya waktu menuju tahun 2016. Tak hanya para peserta yang menikmati gemuruh suara kembang api, para warga sekitar yang hadir disitu pun dapan menikmati suasana malam hari itu. Tak lama setelah itu, para peserta kembali ke tempat istirahat hingga shubuh pun tiba.
Suasana upacara penutupan diguyur dengan rintikan hujan yang bisa dibilang lumayan deras tak berpengaruh sedikitpun terhadap para peserta. Mereka tetap semangat menjalani hari terakhir dalam BARATA XXX. Sebelum upacara pun diadakan operasi semut atau membersihkan lapangan secara menyeluruh agar bersih dari sampah yang berserakan. Upacara yang dilanjutkan dengan pengumuman kejuaraan mendapat antusias lebih dari para peserta.
“Kalo dibanding sama tahun lalu, BARATA XXX tuh lebih asyik, seru, dan kekeluargaannya tuh terasa banget. Dari BARATA kali ini juga lebih terlihat kualitasnya, khususnya dalam bidang pendidikan. Hal itu dimunculkan dengan adanya wadah perlombaan sebagai pengenalan sejarah tentara pelajar bagi peserta. Jadi, di BARATA XXX selain kita berjuang dalam perlombaan kita juga mendapatkan banyak ilmu. Terimakasih BARATA XXX,” ujar Ninda selaku salah satu deligasi dari Ibnul Qoyyim. Alhamdulillah, dengan segala kemampuan yang ada, Pangkalan Ibnul Qoyyim membawa pulang 5 piala yang terdiri dari :
·         Juara 1 Video Dokumenter (Pangkalan)
·         Juara 1 Mendongeng Pahlawan (Pangkalan)
·         Juara 1 Messenger of Peace (Pangkalan)
·         Juara 2 Pionering (Pangkalan)
·         Juara 3 Sangga Terbaik Putra
“Ada sih, beberapa lomba yang akhirnya kita terdiskualisasi karena keterlambatan dalam kehadiran, tapi mau nggak mau kita harus tutupin kekecewaan kita dengan semangat yang lebih tinggi. Ya, yang udah terjadi, dijadikan pelajaran aja biar besoknya gak terulang lagi. Namanya juga manusia, pasti ada salahnya juga. Harapannya untuk BARATA XXXI semoga bisa lebih berkualitas, lebih T.O.P dan Ibnul Qoyyim juga bisa lebih antusias sama pengembaraan ini. Gomawo BARATA XXX,” tutur Rafida sebagai peserta. Acara pun ditutup dengan flashmob Gemu Famire bersama seluruh peserta dan panitia. (Rasya) –ed:Silmi

Semangat IQ putri saat berjalan kiloan meter
Sangga putra saat membuat Phionering
Piala yang diraih Pangkalan Ibnul Qoyyim
Bagikan artikel :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

STATISTIK

Pengikut

 
Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Saran, kritik dan pertanyaan bisa dikirim ke Ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com