Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mu’min, Mu’allim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis
Home » » “BANK SAMPAH” PROGRAM PEDULI LINGKUNGAN

“BANK SAMPAH” PROGRAM PEDULI LINGKUNGAN

Diterbitkan oleh: ibnulqoyyim pada Kamis, 22 November 2018 | 20.49

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

BANK SAMPAH” PROGRAM PEDULI LINGKUNGAN

PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI



Kelestarian alam memang perlu dijaga, apalagi di era saat ini, era dimana lingkungan mengalami kondisi yang cukup memprihatinkan. Sudah banyak program-progaram tertentu yang bertujuan untuk mewujudkan kelestarian alam. Dalam hal ini, pemerintah turut andil seperti mencanangkan penghargaan bagi sekolah sekolah yang sangat peduli dengan kelestariaan alam melalui predikat Sekolah Adiwiyata. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri pun menjadi salah satu sekolah yang sedang berusaha untuk menjadikan sebuah sekolah Adiwiyata.
Hari Rabu,21 November 2018, Pondok Pesanten Ibnul Qoyyim Putri mengadakan acara sosialisasi peduli lingkungan. Acara yang mengikutsertakan seluruh warga Ibnul Qoyyim Putri ini diisi oleh pembicara dari tim SHIND, salah satu tim peduli lingkungan di Indonesia. Dengan adanya acara sosialisasi ini diharapkan sewluruh warga Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri paham tentang pentingnya menjaga lingkungan.
Salah satu program peduli lingkungan  yang tengah diaplikasikan di Pondok Pesanten Ibnul Qoyyim Putri adalah program “BANK SAMPAH”. Program ini dinamakan ‘bank sampah’ karena memang pada sistem pelaksanaannya serupa dengan sistem bank konvensional pada umumnya. Para santri diwajibkan memilah pilah sampah yang dihasilkan dalam keseharian mereka sehingga mereka terbiasa dalam mengelompokkan sampah berdasarkan jenis-jenisnya.
“Paling tidak santri memiliki kepedulian dan kepekaan pada lingkungan pondok pesantren, karena keluhan tamu atau wali santri, kebanyakan tentang lingkungan yang kotor. Selain itu, juga dapat mengurangi sampah sampah di TPA yang sering menumpuk” ujar ustadzah Erlin, selaku bagian kesiswaan.

“Program selanjutnya yang akan dilaksanakan setelah program sosialisasi diantaranya seperti akan menata kembali bank sampah dan menganti nama volunter menjadi POKJA (kelompok kerja)” tambah ustadzah Erlin untuk memetakan rencana kedepan.
Saat ini, para santriwati Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri telah mengupayakan agar bersama-sama saling  mewujudkan lingkungan yang tetap lestari dan mendulang predikat sebagai  Sekolah Adiwiyata, kaarna tak mungkin cita-cita besar ini diraih tanpa kerjasama dan rasa saling tanggung jawab diantara seluruh warga Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri.



Bagikan artikel :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Saran, kritik dan pertanyaan bisa dikirim ke Ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com