Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mu’min, Mu’allim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis
Home » » Talk Show Bahasa

Talk Show Bahasa

Diterbitkan oleh: ibnulqoyyim pada Senin, 21 Januari 2019 | 21.15

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


(18/01/2019) Bahasa Arab dan Inggris merupakan salah satu bahasa internasional. Tak terheran lagi bahwa sudah banyak dari lembaga-lembaga pendidikan menerapkan sistem bilingual untuk mendidik para siswanya agar mereka terbiasa menggunakan dua bahasa ini. Salah satunya adalah Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri.Dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa santri, Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri dengan rutin mengadakan Talk Show bertema bahasa pada setiap tahunnya. Dan pada tahun ini bagian bahasa Organisasi Santri Ibnul Qoyyim (OSIQ) mengambil tema “enjoy travel the world by language”.
Dalam menyukseskan tema tersebut, dihadirkan tiga pembicara yang terbagi atas dua pembicara yang bertema arab, dan dan satu pembicara lainnya bertema inggris. Ketiga pembicara tersebut merupakan  alumni pondok pesantren ibnul qoyyim yang sengaja dihadirkan agar para santriwati semakin semangat lagi dalam belajar berbahasa.Diantaranya ada Ukhty Hanifah Latifah,Ukhty Siti Ummi Nasiah dan Ukhty Weni
.
Suasana ramai terlihat sekali saat sang moderator memanggil para pembicara satu-persatu. Para santriwati sangat antusias menyambut pembicara dengan tepuk tangan yang meriah. Hanifah Latifah merupakan pembicara pertama yang mengisi acara bahasa ini. Beliau menambil bahan pembicaraan yang sama  dengan tema talk show saat itu yaitu “Enjoy your travel  by language”.Beliau begitu menekankan bahwa karena bahasalah kita dapat berkeliling dunia dengan menyenangan.Dalam penjelasannya beliau juga menjelaskan tentan alasan mengapa beliau tertarik dan memilih untuk mempelajari bahasa lebih dalam.Wanita yang telah mengunjungi  berbagai negara ini mengaku bahwa ia terispiransi dengan firman Allah di Al-Qur’an surah Al-H ujurat ayat 13.Ayat ini ,mendorong beliau untuk  menjelajah seluruh dunia ang telah diciptakan Allah SWT ini.
“Belajar bahasa disekolah sangat penting,karena kita berbasis sekolah islam dan kemungkinan bisa mendapatkan beasiswa.Belajar bahasa arab juga memudahkan kita berdakwah kepada teman-teman kita,pasti mereka akan bertanya-tanya hal-hal yang tidak mereka ketahui karena mereka tau kalo kita lulusan pondok  dan anak pondok terkenal dengan wawasan agamanya.Bahasa inggris tentunya juga  sangat membantu kita untuk memandu jalannya acara dengan menggunakan bahasa inggris,contohnya seperti tadi menghadiri konferensi di Jepang.”Jelas Hanifah Latif diwawancarai di Perpustakaan Ibnul Qoyyim.Beliau juga merasa sangat bahagia sekali begitu melihat antusias para santriwati ketika menyambut dan mendengarkan penjelasannya ketika acara.Beliau mengaku sepanjang acara-acara yang pernah beliau isi selama ini disinilah tembat dan acara yang palng antusias pesertanya.
Sesi pertanyaan dibuka seperti biasa, Dipenghujung acaraterdapat tiga santriwati  yang  mengajukan pertanyaan diantaranya Tazkiya Nuril kelas 4 KMI,Hana Nafisah kelas 2 KMI,dan Indri Astuti kelas 5 KMI.
“Saya sangat senang,bisa ikut acara Talk Show bahasa seperti ini.Bener-bener bermanfaat banyak banget.Jadi lebih spirit lagi belajar vocab,muhadhoroh dan agenda bahasa lainnya.Ya...... harapannya semua lebih intropeksi diri  terutama kemampuan bahasanya.Juga bahasa Ibnul Qoyyim  lebih maju lagi” Ungkap Tazkiya Nuril,Gadis kelahiran Surabaya  ini.Ia berharap kedepannya kemampuan bahasa  Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri lebih maju.”Be the best lah buat Ibnul Qoyyim”Tambahnya lagi.
Segala sesuatu memang sudah seharusnya perlu diupayaayakan.Sama halnya kemampuan berbahasa.”Kita mau jadi hebata atau biasa saja itu tergantung kita.itu semua pilihan kita”Pesan Ukhty ummi,Pembicara ketiga acara tersebut kepada seluruh santri Ibnul Qoyyim.

 

Bagikan artikel :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Saran, kritik dan pertanyaan bisa dikirim ke Ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com