Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mu’min, Mu’allim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis
Home » » Jarimatika

Jarimatika

Diterbitkan oleh: ibnulqoyyim pada Jumat, 01 Februari 2019 | 15.49

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Acara Jarimatika Penunjang Semangat Belajar Santri

Jumat (25/01/2019) telah dilaksanakan acara penunjang semangat santri dalam belajar matematika. Acara ini sendiri diselenggarakan oleh bagian KMI Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri. Acara yang dilaksanakan di masjid jami’ Pondok Peantren Ibnul Qoyyim Putri ini dikenal dengan acara Jarimatika yang diikuti oleh seluruh santri MTs. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri.
Acara ini adalah acara yang membahas tentang bagaimana cara mudah, simple, cepat menghitung dalam matematika. Sehingga para santri tidak perlu pusing atau rumit saat menoba menghitung perhitungan di matematika yang bernilai besar. Acara ini mendatangkan seorang tamu dari bandung yang akrab dipanggil Aa’ Jajang untuk mengisi acara tersebut. Tamu inilah yang mengajari bagaimana cara melakukan jarimatika tersebut, dangan gaya bicara dan pembawaan yang khas, para santriwati menjadi paham dan tertarik untuk melakukannya.

Sedikit pemberitahuan bahwa, jarimatika menggunakan tangan dan otak untuk memecahkan masalah perhitungan. Mulai dari yang mudah sampai dengan yang rumit. Bukan hanya itu, tamu tersebut pun menambahkan suasana yang lucu dan menyenangkan sehingga acara tersebut tidak berlangsung dengan hening dan emembosankan, mengingat banyak sekali santriwati yang tidak menyukai pelajaran ini dikarenakan malasnya menghitung dan menghafal rumus yang sangat banyak. Acara yang berlangsung selama kurang lebih 20 menit ini juga memberikan kesan berharga bagi santriwati Ibnul Qoyyim dan juga memberikan ilmu yang berguna sepanjang masa yang dapat digunakan dijenjang kemudian.
Selain itu, tamu ini juga menawarkan penjualan buku jarimatika. Sehingga bagi santriwati yang berminat bisa memesan buku ini terlebih dahulu kemudian dapat membayarnya esok hari. Terlihat saat itu banyak snatriwati yang tertarik dengan buku itu.
Acara ini benar-benar sangat meriah dan memberikan banyak manfaat bagi santriwati. “Acara ini memang sangat bermanfaat. Saya merasa jadi lebih terbantu saat mencoba memecahkan soal matematika, selain cepat cara ini juga snagat mudah diingat dan dilakukan.” Ungkap Zulfatul, eorang santriwati kelas 2 KMI.
Bagikan artikel :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Saran, kritik dan pertanyaan bisa dikirim ke Ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com