Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mu’min, Mu’allim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis
Home » » Sehatkan Badan dengan Peduli Lingkungan !

Sehatkan Badan dengan Peduli Lingkungan !

Diterbitkan oleh: Ibnul Qoyyim Jogjakarta pada Jumat, 15 November 2013 | 20.51

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Dalam sebuah pesantren, basis kesehatan lingkungan alias bakesling bukanlah hal yang dapat dinomer duakan. Karena bagaimana para santri dapat mengikuti semua agenda dengan baik adalah bermula dari sehatnya jasmani. Dan jasmani yang sehat tak bisa lepas dari lingkungan yang sehat pula tentunya.
                Oleh sebab itu dengan makin banyaknya pelatihan-pelatihan tentang ilmu kesehatan yang kini banyak diadakankan menjadi salah satu langkah positif yang dapat dimanfaatkan para santri sebagai ajang menambah pengetahuan dan pengalaman agar dapat diaplikasikan pada pondok masing-masing.
                Termasuk kak Ridwan Alim Rachmanto. Santri kelas 6 Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim ini, walaupun sudah turun jabatan dan jadi mantan bakesling sekarang, namun semangatnya tak surut untuk tetap hadir dalam pelatihan bernama BET #4.




                BET #4 yang merupakan kepanjangan dari Basic Environtmen Training yang ke 4 (kelanjutan dari BET #1, #2 dan #3) adalah salah satu ajang untuk mengkaderisasi volunter yang secara aktif melakukan pergerakan di bidang lingkungan bersama Sahabat Lingkungan (Sha - Link) WALHI di Yogyakarta.
                Kak Alim bercerita, bahwa pelatihan ini diadakan  selama dua hari,  yaitu sabtu tanggal 9 sampai Ahad 10 november 2013. Dan bertempat di kantor WALHI Jl. Nyi Pembayun 14A Kotagede, Yogyakarta pada hari pertama. Dan mengambil TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu) Piyungan sebagai tempat untuk studi lapangan pada hari kedua.
                Sebagai peserta, disana kak alim mengaku sebagai yang paling muda. Karena peserta yang ikut acara tersebut rata-rata dari kalangan mahasiswa. Diantaranya adalah dari UGM, UNS, UNY, INSTIPER, UIN, UII, UAD.
                "Yang dari MA cuma aku doank, lainnya mahasiswa semua " kata kak Alim.
                Materi yang disampaikanpun adalah wawasan seputar WALHI dan Sahabat Lingkungan itu sendiri. Ada 3 judul pada setiap sesi pelatihan, yaitu Green Lifestyle, dan 2 lainnya tentang tata ruang kota yang meliputi Pemberantasan Sampah Visual serta AMDAL Pembangunan Hotel di Jogja.
                Dengan menghadirkan pembicara dari Eksekutif Daerah WALHI Yogyakarta, founder Forum Keluarga dan Anak Cinta Lingkungan (FOKAL),  serta Dosen Desain Komunikasi Visual Bapak Sumbo Tinarbuko, diharapkan mampu menambah wawasan peserta terkait lingkungan khususnya di kota Jogjakarta dan dapat menunjukkan kontribusi dengan aksi nyata kepedulian terhadap lingkungan.

                  "Acara berlangsung dari pukul 8 pagi sampai 5 sore. Seru karena diselingin tawa dan canda, jadi gak kerasa ngantuk. Namun pada hari kedua kami harus masuk ke tempat yang dikelilingi sampah di TPST Piyungan. Tapi gapapa kok, selain ini acara bikin nambah pengalaman serta menumbuhkan cinta lingkungan. Gak lupa nambah kenalan juga, nambah teman, mbak-mbaknya cantik-cantik lo" canda Kak Alim.
                Diharapkan nanti ilmu yang didapat dibagi-bagi ya kak buat adik-adiknya ini. Biar kami bisa tambah pintar. Hehehehehe
Bagikan artikel :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Saran, kritik dan pertanyaan bisa dikirim ke Ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com