Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mu’min, Mu’allim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis
Home » » PEDULI LINGKUNGAN

PEDULI LINGKUNGAN

Diterbitkan oleh: Ibnul Qoyyim Jogjakarta pada Senin, 30 Desember 2013 | 21.12

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
CINTA LINGKUNGAN, HINDARI PENGGUNAAN  PLASTIK

                    
       Penggunaan plastik oleh santriwati menambah jumlah sampah plastik di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan santriwati yang  menggunakan kantong plastik dalam kegiatan sehari-harinya, seperti untuk membawa makanan yang dibelinya. Ditilik dari banyaknya jumlah sampah plastik, penggunaan kantong plastik oleh santriwati terkesan sangat berlebihan. Padahal kita tahu bahwa sampah plastik sangat sulit diuraikan. Untuk hancur dan terurai di alam, dibutuhkan waktu hingga 500 tahun. Ini menjadi masalah serius. Karena sampah plastik dapat mencemari tanah dan air, sehingga ada kemungkinan dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada santriwati.
        Penggantian/reducing penggunaan kantong plastik menjadi tas(kecil) adalah solusi yang dilakukan sebagai wujud cinta lingkungan. Hal itu dibuktikan dengan kebijakan yang diberikan oleh Organisasi Santriwati Ibnul Qoyyim(OSIQ) 2013/2014 di awal kepengurusannya untuk tidak lagi menggunakan kantong plastik sebagai tempat untuk membawa makanan maupun barang-barang yang berukuran kecil. Penggantian tersebut diharapkan mampu megurangi tingkat jumlah sampah plastik di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri.
         Dan sebagai respon positif dari para santriwati atas dicanangkannya program tersebut, santriwati pun mulai menggunakan tas kecil sebagai tempat utuk membawa makanan yang dibelinya. Tas kecil tersebut dapat mereka beli di OSIQ Bagian Lingkungan seharga Rp 2000,-.
        "Alhamdulillah... Sekarang jumlah sampah plastik di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri berkurang." ujar Nabila Qishti, selaku Ketua Bagian Lingkungan.
Banyak yang bilang bahwa manusia tidak bisa terlepas dari penggunaan plastik di kehidupan sehari-harinya, namun Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri akan memulainya dengan penuh harapan yang positif.
        Banyak manfaat yang diperoleh dari penggunaan tas kecil, salah satunya adalah berhemat. Tas kecil akan digunakan berkali-kali, sedangkan kantong plastik hanya digunakan sekali saja.
         Memang hal  tersebut patut disyukuri dan dibanggakan karena dengan hal positif tersebut, berarti telah ikut menjaga kebersihan Bumi yang penuh dengan masalah sampah. Dengan program yang tak sekedar program ini, sangatlah diharapkan lingkungan Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri menjadi bersih, sehat, rapi, dan nyaman bagi kegiatan belajar serta aktivitas sehari-hari santriwati.




Bagikan artikel :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Pengikut

STATISTIK

 
Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Saran, kritik dan pertanyaan bisa dikirim ke Ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com