Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mu’min, Mu’allim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis
Home » , » FATHUL KUTUB 2014

FATHUL KUTUB 2014

Diterbitkan oleh: Ibnul Qoyyim Jogjakarta pada Selasa, 13 Mei 2014 | 05.56

(بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Rabu (6/5) Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri kembali mengadakan acara tahunan yaitu Fathul Kutub. Fathul Khutub dalam dalam bahasa Indonesia adalah Bedah Buku. Buku yang digunakan yaitu buku- buku islam dan kitab-kitab zaman dahulu yang tidak  berharakat. Kegiatan ini merupakan salah satu syarat untuk kelulusan. Untuk mengerjakannya dengan cara berkelompok yaitu terdiri dari 7 kelompok.

 Acara ini dilaksanakan oleh kelas 6,dengan diikuti kelas intensive,4 dan 5.  Persiapan fathul kutub telah dimulai sejak 4 hari yang lalu. Acara ini dilakasanakan di gedung serba guna. Dengan demikian pembimbingpun ikut serta pada acara ini yaitu Ustd Anas Mahduri, Ustd Roehan Utsman, Ustd Nur Ali, Ustd Bawono, Ustdzh Naswa serta ustdzh lainnya.

Dalam mendiskripsikannya terdiri dari moderator, narasumber, presentator, notulen, dan operator. Di dalam kegiatan ini pertama moderator membuka acara untuk memulainya. Presentator yaitu menyampaikan masalah yang telah dibicarakan. Operator adalah yang mengatur apa yang akan ditayangkan, dan notulen menulis apa yang ditanyakan oleh audiens,sedangkan narasumber yaitu menjawab pertanyaannya.

Jumat(9/5), Fathul Kutub Merupakan suatu agenda tahunan yang dilakukan oleh Kelas Akhir KMI (6),Acara ini sebagai syarat untuk kelulusan kelas 6.

Acara ini dilaksanakan di Masjid Mus'ab Bin Umair dan diikuti oleh seluruh santri, dalam Acara ini Kelas di bagi menjadi 2 kelompok utuk menyampaikan masalah yang berbeda, setiap kelompok diberi waktu 10 menit untuk menyampaikan Masalah yg dibahasah.

Acara pun dimulai,Kelompok pertama membahas tentang Nikah Siri, Suasana menjadi lebih seru setelah Juru bicara (jubir) kelompok pertama(Ikwan) menjelaskan tentang masalah Nikah Siri, dan Beberapa Santri yang belum paham menanyakan tentang hal itu,Suasan Menjadi lebih seru setelah salah satu santri menanyakan tentang permasalah nikah siri, Perdebatan tak terhindarkan Jubir dengan Penanya, Sebelum acara berakhir Ust Muklas (selaku pebimbing) menanyakan pertanyaan terakhir.
setelah lamanya berpresentasi akhirnya waktu berakhir untuk kelompok pertama..

Selang 5 menit, Kelompok 2 Maju dengan membahas tentang Nikah Online, Jubir (Daru) menjelaskan apa Itu Nikah Online, di kelompok ini tak kalah menarik berdepatan tak terhindarkan lagi, penanya dengan Jubir saling Berdebat menjawab pertanyaan pertanyan yg di tanyakan, setelah lamanya ber prensentasi akhirnya kelompok 2 selesai.

Dengan ini Kelas Akhir KMI (6) sudah memenuhi persyaratan untuk Kelulusan.. ( Red/Anggi)








 



Bagikan artikel :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Saran, kritik dan pertanyaan bisa dikirim ke Ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com