Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mumin, Muallim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis
Home » , » PPL (Praktek Pengayaan Lapangan) PRAMUKA IQ

PPL (Praktek Pengayaan Lapangan) PRAMUKA IQ

Diterbitkan oleh: Ibnul Qoyyim Jogjakarta pada Senin, 12 Mei 2014 | 21.24

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Salaam pramuka !!

Pramuka Ibnul Qoyyim melaksanakan PPL atau Praktek Pengayaan Lapangan. Sasaran pelaksanaan ini adalah adika sangga atau mereka yang duduk di bangku kelas 4 KMI. PPL bertujuan untuk melatih adika menjadi calon pembina pramuka yang menguasai materi pramuka, teori maupun praktek. Jauh hari sebelum hari H tiba, mereka telah diwajibkan menyusun naskah materi yang kemudian akan mereka sampaikan kepada adika regu . Masing-masing dari mereka juga diwajibkan menciptakan lagu atau yel-yel berkenaan dengan pamuka. Naskah diserahkan kepada pembina untuk dikoreksi.

PPL dilaksanakan di kelas-kelas, dengan satu regu pramuka per ruangannya. Pembina pun turut serta untuk menilai dan menyimak naskah yang telah dikoreksi. Adika sangga yang mempresentasikan materinya harus mengusai materi dan metode penyampaian. Hafalan mereka juga dinilai karena mereka menyampaikan materi tanpa membawa naskah. Sedangakan adika regu, mereka wajib mencatat apa yang telah disampaikan oleh presentator. Mereka juga diminta menjawab pertanyaan manakala presentator menguji kefahamannya.

Acara ini memang tidak berlangsung lama, meskipun demikian PPL ini sangat bermanfaat untuk mereka. (Red,Frida)




Bagikan artikel :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Kritik dan Saran Kami Persilahkan kirim ke ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com