Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mu’min, Mu’allim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis
Home » » AMALIYAH TADRIS

AMALIYAH TADRIS

Diterbitkan oleh: ibnulqoyyim pada Kamis, 12 Maret 2020 | 12.58

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Amaliyah Tadris adalah sebuah event bagi kelas 6 KMI dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pengajar yang terdidik sebelum mereka lulus dari pondok. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim sendiri biasa mengadakannya pada tahun ajaran semester 2, seperti yang telah dilaksanakan pada tanggal 4 Januari 2020 s/d 7 Januari 2020.
            Kegiatan Amaliyah Tadris diawali dengan pembagian kelompok beberapa hari sebelum kegiatan ini dilaksanakan. Setiap santri kelas 6 KMI akan mendapatkan mata pelajaran pondok dengan bab pembahasan yang berbeda-beda. Mata pelajaran yang diajarkan diantaranya seperti Nahwu, Shorof, Grammar, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Reading, dan Mahfudzot.
            Sistem dilaksanakannya AT seperti kegiatan belajar mengajar pada umumnya. Namun mungkin agak berbeda dikarenakan adanya penilaian dalam kegiatan ini oleh pendamping. Pembicara maju dengan kelas dan RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) yang telah ditentukan, saat di kelas mereka akan dinilai dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan. Metode pengajaran mereka yaitu diawali dengan pembahasan sebelumnya, pembahasan bab baru, lalu diakhiri dengan pertanyaan perihal bab baru. Jauh sebelum itu, mereka telah diberikan contoh dan pemahaman terlebih dahulu sebelum terjun langsung untuk mengajar. Pengajar perdana yang terpilih dalam salah satu pelajaran bahasa A   rab adalah Ukhti Auxiella, sedangkan dalam bahasa Inggris sendiri adalah Ukhti Salma Novianti.
            Ukhti Salma Novianti menuturkan beberapa tips agar tidak merasa grogi ketika maju untuk AT, diantaranya dianjurkan untuk membuat teks RPP, konsultasi dengan pembimbing, perbanyak latihan, dan meminta semangat dari teman-teman.Tujuan diadakannya Amaliyah Tadris yaitu untuk bisa mempraktekan bagaimana cara mengajar yang baik bagi calon alumni pesantren, menyiapkan tenaga pendidik, melatih diri untuk menghadapi dunia luar, dan mengembangkan sifat percaya diri dalam penyampaian didepan umum.
           

Bagikan artikel :

0 komentar :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Saran, kritik dan pertanyaan bisa dikirim ke Ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com