Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mumin, Muallim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis
Home » » GELAR PROGRAM KHUSUS KELAS 6 KMI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI

GELAR PROGRAM KHUSUS KELAS 6 KMI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI

Diterbitkan oleh: ibnulqoyyimyogyakarta pada Senin, 26 September 2022 | 21.38

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

       Sleman. 22 Februari 2022 Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri mengadakan program kegiatan khusus untuk siswa kelas 6 KMI yaitu At-Tadrib Fathul Kutub At-Turath Al-Islamy. Melalui kegiatan ini, seluruh santriwati diharapakan dapat memperluas wawasan keilmuannya, terutama dalam Kutub At-Turath sehingga saat menghadapi problematika perbedaan dalam kehidupan sehari-hari, para santri tidak fanatik terhadap satu madzhab, namun mampu meneliti keabshan madzab sesuai dengan petunjuk dalam Qur’an dan Hadits.

      Kegiatan Fathul Kutub atau lebih lengkapnya At-Tadrib Fathul Kutub Al-Turath Al-Islamy, merupakan kegiatan tahunan santri dan juga merupan salah satu syarat kelulusan bagi santri kelas 6 KMI.Fathul Kutub dilaksanakan selama 6 hari lamanya, dimulai pada tanggal 22-27 Februari 2022.

      Pada permulaan kegiatan kegiatan, FK (Fathul Kutub) diawali dengan pembukaan, pembacaan kalam ilahi, sambutan-sambutan, serta arahan-arahan dalam menjalankan FK.Seusai pembagian kelompok, para santri kelas 6 KMI memulai dalam membuat makalah bersama Musyrif (panitia) sesuai yang telah dibagikan.

      Santriwati kelas 6 KMI harus melalui dua tahap, yaitu FK Individu dan kemudian FK kelompok. Selama pelaksanaan FK, seluruh santri diwajibkan membawa kamus munjid, fathurrahman, dan Al-Qur’an terjemah, tidak boleh membawa buku selainya dan mejaga baik-baik buku tersebut. Sebagian besar kegiatan FK dilaksanakan diperpustakaan dan masjid Pondok Pesantren. Saat pembacaan avseb diadakan secara insidental oleh panitia dan pembimbing, santri yang namanya adalah sebagai ketua kelompok dan nomor dua adalah wakilnya. Dan seluruh santri kelas 6 KMI diwajibkan dapat mengikuti FK dengan penuh semangat dan kesadaran tinggi.

        Pada tahap FK Individu, santri kelas 6 KMI diwajibkan untuk membuat Karya Ilmiyah yang berisikan mengenai suatau permasalaha yang menyangkut pautkan dengan Dalil Naqli ( Al-Qur’an dan As-sunah). Untuk melewati tahap ini,santri hanya diberikan waktu selama tiga hari,baik dalan pembuatan karya ilmiyah ataupun berkonsultasi dengan pembimbing. Tahap selanjutnya yaitu FK kelompok. Pada tahap ini setiap kelompok juga akan diminta untuk membuat karya ilmiyah,bedanya, karya ilmiyah kelompok harus dipresentasikan pada akhir kegiatan FK.Permasalahan yang biasanya dibahaspada karya ilmitah ini berkaitan dengan permasalaha  yang terjadi masa kini, contohnya seperti permasalahan yang dibawakan oleh pembahas 1, kelompok 2 yang diketuai oleh santri kelas 6 yang bernama Alfian Nur Hidayati tentang “Tinjauan Hukum Islam Mengenai Praktik Transaksi Jasa Joki Tugas Pada Masa Pembelajaran Daring” dengan bimbingan oleh ustadzah Khazinatul Husna,M.pd. Dengan begitu santri harus bisa menentukan suatu hukum mengenai permasalahan tersbut dengan pedoman Dalil Naqli dan Dalil Aqli.

       Hingga tibalah pada akhir tahap kedua,yaitu presentasi kelompok hasil karya ilmiah Fathul Kutub.Yang merupakan puncak dari kegiatan FK.Presentasi ini ditunjukkan kepada kepada santri Aliyah dan Thasus yang bertempatan di Masjid Jmai’ Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim,Yogyakarta. Acara ini juga digunakan pengganti waktu KBM santriwati Aliyah.

  


Bagikan artikel :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Kritik dan Saran Kami Persilahkan kirim ke ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com