Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mumin, Muallim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis
Home » » Tilawah Qur’an, Ekstra Banyak Diminati Santriwati Ibnul Qoyyim

Tilawah Qur’an, Ekstra Banyak Diminati Santriwati Ibnul Qoyyim

Diterbitkan oleh: ibnulqoyyimyogyakarta pada Senin, 26 September 2022 | 21.42

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Sleman, 21 Maret 2022, pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri,santriwati berdatangan ke masjid guna mengikuti ekstrakulikuler ‘Tilawah Quran’. Di bimbing oleh Ustadzah Khazinatul Khusna M.Pd., sekaligus menjabat sebagai Kepala Madrasah MTs Ibnul Qoyyim Putri. Sekitar pukul 16.00 WIB suara perlahan digantikan lantunan ayat suci Al-Qur’an bersumber dari lantai bawah Masjid Jami’. Ekstra yang dijadwalkan seminggu sekali terjadah pada hari Sabtu. Sesekali harus ada variasi, yang sering disebut Ustadzah Zizin ini memperlihatkan vidio yang mendukung ekstrakulikuler itu, seperti vidio dari Ustadz Rilal Attaki, dsb. Mengadakan kompetisi lalu dinilai, merupakan salah satu upaya agar santri tidak bosan. Walaupun diikuti kelas 1 KMI dan Takhassus, tau dipungkiri bahwa bisa mengikuti yang diajarkan ustdzah, seperti nada Nahawand dan Jiharkah.

 “Mengapa ustadzah memilih nada tersebut karena nada yang mudah dipelajari untuk pemula, sama kuncinya naik-sedang-turun?. Harapannya berbeda namun mudah diingat dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari”. Adapun diselenggarakan ujian untuk ekstrakulikuler ini, namun dikarenakan waktu yang kurang memadai belum bisa terlaksana  hingga ‘Tilawah Qur’an’ ini berakhir. “Sasaran ekstrakulikuler ditujukan kepada kelas 1 KMI dan Takhassus, diharapkan menjadi pondasi belajar tilawah selanjutnya. “Dulu sempat diajarkan tilawah Qur’an, namun setelah dievakuasi Qiro’ah terlalu kompleks, menjadikan tilawah Qur’an sebagai slaah satu ekstra yang banyak diminati santri”.

 


Bagikan artikel :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Kritik dan Saran Kami Persilahkan kirim ke ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com