Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mumin, Muallim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis
Home » » Mubaligh Hijrah Mengaktifkan Anak-anak Gandu

Mubaligh Hijrah Mengaktifkan Anak-anak Gandu

Diterbitkan oleh: ibnulqoyyimyogyakarta pada Senin, 26 September 2022 | 21.21

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

    Sleman, 03 April 2022 Santriwati Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta memulai kegiatan Ramadhan dengan penuh semangat salah satunya dengan mengajar TPA disekitar Gandu, Sendangtirto berbah sleman Yogyakarta. Para santriwati  dibagi beberapa kelompok  yang setiap kelompok terdiri atas enam anggota. Walapaun terhalang oleh hujan yang sangat deras, Tidak menghalangi santriwati untuk mengajari adik-adik di sekitar gandu untuk mengaji. Kegiatan ini disebut Mubaligh Hijrah. Kegiatan yang hanya diadakan setahun sekali dalam ramadhan ini bertujuan untuk melatih sosial santriwati dalam mengajar TPA dan mengaktifkan kembali  TPA yang jarang aktif didusun gandu tersebut. Kegiatan ini dilakukan secara bergantian oleh dua kelompok dalam setiap masjidnya. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim berhasil membantu lima masjid yaitu masjid Al-Huda, Masjid As-Sajjinah, Masjid Al-Mujahiddin, Masjid AN-Nur, dan Masjid Gandu Baru. Adik-adik sangat antusias mengikuti TPA di masjid mereka masing-masing karena mereka lebih banyak teman dan menggunakan waktu dengan manfaat. Kegiatan yang santriwati berikan berupa mewarnai, cerita nabi-nabi, tebak kata malaikat, mengenal huruf hijaiyah, menebalkan huruf hijaiyah, mengaji, dan beberapa tepuk untuk menambah semangat mereka.

  “Alhamdulillah semenjak ada mbak-mbak pondok, masjid AS-Sajjinah jadi aktif kembali anak-anaknya” Ujar salah satu warga masjid As-Sajjinah.

  Para santriwati juga membantu para pemuda-pemudi masjid  untuk membagi takjil yang sudah disiapkan kepada warga.  Suasana masjid tambah ramai dengan adanya TPA dan Tausyiyah yang membuat ramadhan semakin terasa.  Setelah menunaikan ibadah maghrib di masjid para santriwati pulang ke Pondok Pesantren untuk melanjutkan kegitan selanjutnya. (DIL)

Bagikan artikel :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Kritik dan Saran Kami Persilahkan kirim ke ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com