Selamat Datang di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim YogYakarta, Mewujudkan Generasi Mumin, Muallim, Mubaligh, Mujahid yang Mukhlis
Home » , , , , » Khutbah Ta'aruf Tahun Ajaran 2023/2024 Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta

Khutbah Ta'aruf Tahun Ajaran 2023/2024 Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta

Diterbitkan oleh: ibnulqoyyimyogyakarta pada Senin, 03 Juli 2023 | 21.01

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم





Assalamu’alaikum para pembelajar. Alhamdulillah para santri lawas Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta sudah kembali ke kawah Candradimuka-nya. Dan Ahad, 2 Juli 2023 ini Ibnul Qoyyim Putri menyambut kedatangan santri baru tahun ajaran baru 2023/2024. Sejak pagi lingkungan pondok sudah bersiap dan meriah. Para asatidz-asatidzah sudah bersiap dan kakak-kakak santri juga sudah mempersiapkan lingkungan pondok. Memberikan sambutan hangat untuk para adik-adiknya.

sambutan Pimpinan Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim


Alhamdulillah sejak pukul delapan pagi, para santri baru beserta orangtua dan rombongan sudah berdatangan ke pondok putri Ibnul Qoyyim. Masya Allah. Kebahagiaan terpancar dari wajah-wajah para santri dan orangtuanya. Nampak semangat yang juga kemudian menular ke seluruh santri. Ada yang ditemani ayah-ibundanya. Ada yang disertai adik-abang bahkan kakek dan nenek. Masya Allah. Semua berbahagia mengantarkan putri tercinta untuk menuntut ilmu di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri.

sambutan Direktur Pondok Pesantren Putri Ibnul Qoyyim


Setelah pembukaan dengan pembacaan tilawah lalu kemudian diikuti oleh menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Pondok penyambutan santri dimulai. SambutaN pertama diberikan oleh pimpinan pondok yakni KH. Najib Hisyam. Beliau memberikan sedikit wejangan untuk kepada para santri dan juga orangtua untuk percaya sepenuhnya dengan penjagaan pondok. Sambutan berikutnya diberikan oleh Mudir pondok yakni ustadzah Atik Masnun, M.Pd. Beliau memberikan semangat kepada para santri untuk bersemangat belajar dan meraup sebanyak mungkin ilmu di pondok. Pihak pondok juga sangat berterima kasih kepada para orangtua yang telah mempercayakan putrinya untuk belajar di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri. Kepercayaan ini akan dijaga sepenuh jiwa dan bagian dari pertanggungjawaban kepada Allah dan juga kepada ummat. Harapan ibu mudir bahwa pengabdian pondok kepada pendidikan umat menjadi pemberat timbangan amal shalih di akhirat kelak.

romobongan pengantar para santri baru


Setelah sambutan kemudian ada penjelasan dari kepala Madrasah dan juga kepala bagian kesantrian dan pengasuhan Pondok Pesantren Putri Ibnul Qoyyim. Selain itu juga ada penjelasan tentang pembagian kamar dan juga penjelasan tentang beberapa hal yang berkaitan dengan jadwal harian santri. Harapannya para santri mendapat gambaran awal tentang sistem pendidikan di pondok pesantren. Pihak pondok sendiri Insya Allah berkomitmen untuk menerapkan ajaran islam yang syumul dan berintegritas dan penuh tanggung jawab. Insya Allah kurikulum dan kegiatan santri sudah disesuaikan dengan tahapan pendidikan. Selain itu juga sudah menerapkan Kurikulum Merdeka dalam materi pendidikan umumnya. Sedangkan untuk materi Diniyyah juga selektif, tsabit dan dhobit.

santri yang berpamitan dengan ayah dan bunda


Alhamdulillah prosesi Penyambutan Dan Khutbah Ta’aruf Santri Baru 2023/2024 Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri berjalan lancer. Di akhir acara para santri diberikan kesempatan untuk berpamitan kepada ayah-bunda dan juga kerabat yang mengantar. Entah kenapa ada rasa hangat melihat pemandangan saat para santri mencium tangan ayah dan bundanya untuk meminta izin belajar di pondok. Nak, insya Allah hari ini akan menjadi kenangan indah saat kalian belajar nanti.

para ayah dan ibu yang mengantarkan putrinya ke pondok


Selamat datang para santri baru Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri. Semangat belajar dan beribadah dan beramal shalih ya Nak. Mari kita saling bergandeng tangan menjalani jihad ilmu ini. Semoga menjadi bagian dari amal shalih. Aamiin. 

by: Didy

Bagikan artikel :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Support : TIM Redaksi Ibnul Qoyyim
Web: ibnulqoyyimyogyakarta.sch.id
Copyright © 2015. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta - All Rights Reserved
Kritik dan Saran Kami Persilahkan kirim ke ibnulqoyyimjogjakarta@gmail.com